STRATEGI VISUAL
Mencatat kembali dengan ballpoint warna
Mengatur kembali catatan dalam bentuk kolom atau kategori
Melengkapi dengan grafik atau diagram
Mencatat kembali hal-hal penting seperti rumus dan ditempel di tempat-tempat yang mudah dilihat
Menggunakan highlighter (stabilo) untuk menandai hal-hal penting
Hindarkan “polusi” visual
STRATEGI AUDITORIAL
Iringi awal belajar dengan musik yang sesuai (bagi yang bisa)
Mendiskusikan kembali pelajaran yang baru diajarkan dengan teman/guru
Cari sparring partner untuk tanya jawab
Memilih mendengarkan dari pada mencatat (catatan fotokopi dari teman)
Hindarkan “polusi” auditorial
Presentasi a la “Guru & Murid”
STRATEGI KINESTETIK
Tetap melakukan aktivitas ringan ketika belajar
Lebih efektif berubah-ubah posisi daripada duduk terus
Memilih “learning by doing”
Gunakan highlighter (stabilo) yang menyolok (kontras)
Perbanyak frekuensi break
Ruang belajar diberi poster “bergerak”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar