Rabu, 02 Oktober 2013

Jendela Johari

Apa itu jendela Johari................
Psikolog terkenal dari Amerika Serikat bernama Joseph Luft dan Harrington Ingham menciptakan sebuah konsep bernama Johari Window atau Jendela Johari pada tahun 1955.
Konsep ini bilang bahwa ada empat jendela yang bisa menggambarkan pengenalan diri kita, yaitu…



1. Open Area (Daerah terbuka)
Jendela ini menggambarkan hal-hal yang diri kita ketahui dan orang lain juga tahu tentang hal itu. Seperti kita tahu bahwa aku bisa main piano dan orang lain tahu bahwa aku bisa main piano....
Daerah terbuka (Open Area) ini bisa dibilang sebagai sisi dimana hubungan kita dan orang lain berjalan dengan lancar dan bebas hambatan. Soalnya, kedua pihak saling mengenal dengan baik dan punya banyak informasi tentang dirinya masing masing. Komunikasi yang lancar ini membuat konflik jadi gampang dihindari.
2. Blind Area (Daerah Buta)
Daerah buta mengambarkan diri kita yang kita sendiri nggak nyadar/tidak tahu akan hal itu, tapi orang lain tahu sisi yang bersembunyi dari diri kita, kita itu dibikin “buta” oleh kurangnya wawasan kita mengenai diri sendiri. Maksudnya, ada hal-hal tersembunyi dari diri kita yang hanya orang lain yang tahu, uniknya kita sendiri nggak tahu kehadiranya.
Dibalik jendela ini merupakan bagian dimana hubungan kita dengan orang lain berjalan dengan baik, karena kedua belah pihak tahu apa-apa saja di pendampingnya, namun, kurangnya komunikasi bisa hancurin hubungan itu. Apalagi salah ambil langkah. Ambil contoh saja, si A tahu kalau si B orangnya sok tahu, namun saking setianya si A tidak jujur kalau sebenernya ia gerah sama sifat satu itu. Karena itu, si A ninggalin si B tanpa keterangan. Nah, hal seperti itu bisa dicegah dengan adanya komunikasi yang lancar, dengan gitu, gak ada lagi salam perpisahan dan jendela ini bermetamorfosis menjadi sisi jendela Open Area.
3. Hidden Area (Daerah Tersembunyi)
Daerah ini memperlihatkan hal-hal yang bersifat pribadi, hanya kita yang tahu namun orang lain tidak tahu akan hal ini, seperti kita punya rahasia yang orang lain tidak tahu...
Setiap orang pasti punya daerah ini, biasanya kita nggak suka ada orang lain ikut campur dalam masalahnya, namun akibatnya jika banyak daerah tersembunyi kita, seringkali bisa banyak tertekan karena kemisteriusannya.
4. Unknow Area
Daerah misteri ini benar-benar misteri dalam diri kita, pasalnya, jendela ini menyembunyikan hal-hal yang kita miliki, karena kurangnya wawasan perihal diri sendiri, hal-hal itu bersembunyi dalam diri kita, seremnya lagi, nggak ada orang yang tahu akan hal ini, ketemu’in aja nggak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar