Selasa, 10 Mei 2011

Tanggung Jawab

Jendral Soedirman lahir di Bodas Karangjati, Rembang, Purbalingga, 24 Januari 1916. Jendral Soedirman merupakan salah satu tokoh besar di antara sedikit orang lainnya yang pernah dilahirkan oleh suatu revolusi. Saat usianya masih 31 tahun, ia sudah menjadi seorang jendral. Meski menderita sakit paru-paru yang parah, ia tetap bergerilya melawan Belanda. Ia berlatarbelakang seorang guru HIS Muhammadiyah di Cilacap dan giat di kepanduan/Pramuka Hizbul Wathan.

Ketika pendudukan Jepang, ia masuk tentara pembela Tanah Air atau Peta di Bogor. Begitu tamat pendidikan langsung menjadi Komandan Batalyon di Kroya. Menjadi Panglima Divisi V/Banyumas sesudah TKR terbentuk, dan kahirnya terpilih menjadi Panglima Angkatan RI. Ia merupakan Pahlawan Pembela Kemerdekaan yang tidak peduli pada keadaan dirinya sendiri demi mempertahankan RI yang dicintainya. Ia tercatat sebagai penglima sekaligus jendral pertama dan termuda Republik ini.

Pribadinya teguh pada prinsip dan keyakinan, selalu mengedepankan kepentingan masyarakat banyak dan bangsa di atas kepentingan pribadinya. Ia selalu konsisten dan konseluen dalam membela kepentingan tanah air, bangsa dan negara. Cinta dan tanggung jawabnya kepada tugasnya sebagai pemimpin tentara, membuat jendral yang meninggal di usia 34 tahun ini digelari pahlawan kemerdekaan.

Ref:http://id.wikipedia.org/wiki/Soedirman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar