Kamis, 12 Agustus 2010

TIPS BELAJAR

1. Tentukan Tujuan Belajar (AMBAK)

Tujuan belajar dikaitkan dengan “Apa Manfaat ini Bagiku?”. Jika manfaatnya sudah tahu, misalnya agar ....... maka langkah berikutnya adalah Tentukan target nilai dengan memperhatikan KKM setiap mata pelajaran.

2. Disiplin dan Semangat

Disiplin perlu agar kita dapat mengatur waktu (well-organized) dan mampu menentukan skala prioritas, sehingga membuat fokus dalam belajar. Kita dapat mencicil sebelumnya dan tahu kapan beristirahat dan tidur. Disiplin juga melahirkan semangat belajar.
3. Membuat Kelompok Belajar
Kelompok belajar akan memudahkan kita dalam menghadapi kesulitan belajar. Misalnya kita tertinggal pelajaran karena saat itu kita kurang memperhatikan penjelasan guru atau tidak masuk sekolah. Pilih kelompok belajar sesuai dengan minatmu, seperti kedekatan lokasi.

4. Strategi Belajar

Belajar memerlukan strategi. Masing-masing orang memiliki strategi belajar berbeda-beda, sebaiknya disesuaikan dengan gaya belajar. Hal ini dapat dipengaruhi Personal Learning Style (V-A-K), misalnya : catatan diberi warna, mind map, kartu ringkasan, mencatat hal-hal yang dianggap penting. Strategi bisa membuat belajar jadi lebih menyenangkan.Yang terpenting kalau kita mendengarkan di kelas, kita sudah dapat mengingat materi pelajaran 30 % sisanya kita tinggal latihan dan mengulang-ulang kembali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar